loader
5 Manfaat Trading System untuk Para Trader dan Dealer

Adanya wabah COVID-19 (Coronavirus Disease 19) yang hadir sejak 2020 lalu di Indonesia maupun secara global memang menghambat berbagai aktivitas hingga merubah kebiasaan hidup masyarakat. Namun perlu Anda ketahui bahwa aktivitas trading maupun dealing tetap berjalan dengan seperti pada umumnya karena banyak industri perbankan yang memiliki rasio NPL (Non Performing Loan) yang tinggi di saat pandemi ini berlangsung. 

 

NPL adalah sebuah kondisi di mana nasabah yang meminjam sejumlah uang memasuki fase gagal bayar pada jadwal yang telah ditentukan sehingga banyak industri perbankan yang memiliki kerugian, khususnya di saat pandemi ini berlangsung yang membuat banyak laporan keuangan yang terjun bebas berwarna merah. Lalu bagaimana cara lembaga keuangan maupun instansi perbankan menyelesaikan masalah tersebut?? Salah satu cara yang dilakukan oleh instansi perbankan maupun lembaga keuangan yaitu dengan mengandalkan divisi treasury yang merupakan divisi yang terlibat dalam aktivitas trading atau dealing untuk menutupi margin loss yang terjadi di perusahaannya.

 

Jika saat ini Anda bekerja di instansi perbankan, sekuritas, atau lembaga keuangan, pastinya Anda telah mengetahui secara garis besar aktivitas yang dilakukan oleh divisi treasury dalam mengelola dana demi meraih keuntungan semaksimal mungkin di ruang khususnya, yaitu dealing room. Namun, apakah Anda telah mengetahui bahwa seorang treasury dealer membutuhkan tools khusus untuk memperlancar aktivitas mereka? Apakah Anda telah mengetahui jika Anda menggunakan trading communication system dapat menunjang performa Anda dalam melakukan dealing atau trading? Berikut penjelasan seputar sistem trading beserta trading turret pilihan bagi Anda!

Sistem Trading

Sistem trading atau trading system merupakan sebuah tools yang membantu Anda dalam mengeksekusi transaksi dalam aktivitas dealing dan trading sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih efektif serta efisien. Mungkin Anda pernah mendengar istilah trading plan, hal tersebut memiliki pemahaman yang sama. 

 

Anda dapat menganalogikan sistem trading sebagai rambu lalu-lintas, karena dengan adanya rambu lalu-lintas tersebut potensi yang Anda melakukan kesalahan menjadi semakin minim dan Anda dapat melalui perjalanan trading dengan lebih aman, efektif, serta tingkat efisiensi Anda yang akan meningkat sebesar 30% dalam melakukan aktivitas dealing  Sistem trading yang baik memberikan manfaat bagi Anda berupa:

1. Gaya trading

Setiap individu pasti memiliki gaya tradingnya masing-masing, begitu juga dengan Anda bukan? Jika Anda baru ingin menjadi seorang trader, perlu Anda ketahui dan sesuaikan gaya trading yang tepat bagi Anda sendiri.

2. Apa yang Anda tradingkan

Apakah Anda sudah mengetahui apa yang akan Anda tradingkan? Jika belum, tidak apa. Perlu diketahui bahwa tidak semua saham bisa Anda tradingkan dengan gaya yang sama, dengan adanya sistem trading akan membantu Anda memilih saham yang perlu Anda tradingkan.

3. Kapan Anda membuka dan menutup posisi

Seperti yang disampaikan sebelumnya, dengan Anda memiliki sistem trading, Anda akan mengetahui kecenderungan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan trading karena sistem trading pun dapat memberi panduan yang tepat bagi Anda.

4. Berapa jumlah uang yang Anda gunakan

Sistem trading akan bermanfaat bagi Anda dalam manajemen keuangan, karena dapat membantu Anda memahami berapa jumlah uang yang perlu Anda keluarkan, Anda kurangi, maupun Anda tambahkan.

5. Meningkatkan Produktivitas Trading 

Dengan menggunakan trading system atau tools trading communication system, waktu yang Anda miliki akan lebih banyak karena Anda dapat memangkas 30% aktivitas trading juga dealing yang dapat Anda optimalkan untuk menentukan langkah serta mengambil keputusan yang lebih baik dalam trading atau dealing selanjutnya. Maka dari itu Anda memerlukan sistem trading atau tools trading communication system yang tepat  yang mana dapat Anda miliki dengan IPC trading turret.

Trading Turrets

Jika Anda adalah seorang trader profesional, pastinya Anda sudah mengetahui apa itu trading turrets. Trading turrets adalah alat khusus yang berbentuk sistem pesawat telepon yang digunakan oleh para pedagang keuangan profesional atau disebut dengan treasury dealer yang terdapat pada meja perdagangan mereka, yaitu dealing room. Dealing room merupakan tulang punggung bagi setiap lembaga keuangan maupun instansi perbankan dan setiap trader maupun treasury dealer yang melakukan dealing atau trading pun diharapkan untuk selalu bertindak sigap dan menonjol untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan maupun instansi perbankan Anda.

 

Trading telah berkembang dimulai dari lantai bursa menjadi electronic trading yang dikemas melalui trading telepon karena mengacu pada peraturan Bank Indonesia (BI) yang mana para trader maupun treasury dealer yang melakukan trading atau dealing pun aktivitasnya harus terekam dalam bentuk voice (suara) agar dapat sewaktu-waktu. Meskipun sebagian besar volume perdagangan sekarang dilakukan melalui platform perdagangan elektronik, beberapa perdagangan telepon tetap ada dan menara perdagangan umum di meja perdagangan bank investasi.

 

Jika Anda adalah seorang yang baru ingin memulai melakukan aktivitas trading, maka pengetahuan ini akan membantu Anda memahami bagaimana dan apa yang dilakukan juga alat yang digunakan oleh para trader profesional di luar sana!

 

Mempelajari hingga menguasai trading dan dealing bukanlah hal yang bisa kamu lakukan sekejap, perlu adanya wawasan yang luas serta kemampuan untuk mencari juga menyerap informasi dengan baik, dan juga teknik analisis yang amat matang. Jika Anda memiliki  informasi yang baik pun sangat disarankan Anda memiliki tools yang memadai untuk memperlancar aktivitas trading yang perubahannya begitu cepat, problematika tersebut dapat Anda selesaikan dengan IPC sebagai tools trading communication system pilihan terbaik.