loader
Divisi Treasury: Aktivitas dan Fungsi Pengelola Keuangan

Di dalam setiap perusahaan, keuangan menjadi faktor yang sangat penting bagi jalannya kegiatan perusahaan. Bisa dikatakan, keuangan adalah urat nadi yang ada di dalam setiap perusahaan, yang bertugas untuk menjalankan dan menggerakkan seluruh kegiatan perusahaan. Maka dari itu, pada setiap perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada sektor keuangan dan perbankan, ada satu divisi yang dinamakan treasury management, yang dimana tujuan dari divisi ini untuk memperkirakan kondisi keuangan perusahaan saat ini dan di masa mendatang.

 

Sebelumnya, treasury management itu apa sih? Bagi kamu yang bekerja di sektor keuangan maupun perbankan, seharusnya sudah mengetahui apa itu treasury management. Dan bagi kamu yang belum mengetahuinya, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya. Tetapi, untuk yang sudah mengetahui apa itu treasury management, tidak ada salahnya juga untuk membaca artikel ini. Karena di artikel ini kita juga akan membahas kaitan antara divisi treasury dan IPC. Mari kita mulai!

Divisi Treasury

Divisi treasury adalah tugas yang diberikan kepada seseorang maupun sekelompok orang dalam suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk menjaga kondisi likuiditas perusahaan. Dengan kata lain, fungsi dari divisi treasury atau treasury management ini adalah untuk mencari tahu dan memperkirakan kondisi keuangan saat ini dan di masa mendatang nantinya, apakah perusahaan dalam kondisi sehat dan bisa terus menjalankan bisnisnya atau kondisi perusahaan sedang tidak sehat dan harus mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang divisi treasury atau treasury management, di artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang treasury management.

1. Fungsi Treasury Dalam Sebuah Perusahaan

Fungsi utama treasury management dalam sebuah perusahaan adalah untuk bertanggung jawab dalam segala hal yang meliputi pengelolaan seluruh aset likuiditas perusahaan dan juga divisi yang mempunyai tugas untuk mencari profit dari aset likuiditas perusahaan yang dikelolanya. Divisi ini mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan harus selalu dalam kondisi likuid. Hal ini penting, kenapa? Karena kondisi perusahaan yang selalu likuid, dananya akan selalu siap untuk memenuhi kewajiban perusahaan tersebut, seperti membayar kewajiban kepada pihak ketiga yang telah mendekati tempo dan biaya operasional yang terjaga sehingga dalam menjalankan bisnis juga lancar.

 

Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai biaya operasional melebihi dari keuangan dan besaran aset perusahaan. Itulah fungsi penting bagi treasury management untuk selalu menjaga keuangan dan besaran aset perusahaan diatas biaya operasional perusahaan.

 

2. Aktivitas yang Dikerjakan oleh Treasury Management

Setelah diatas kita mengetahui pentingnya fungsi dari treasury management dalam sebuah perusahaan, yaitu untuk mengelola aset dan mencari profit untuk pendapatan perusahaan, ada beberapa aktivitas ataupun tugas penting juga yang dikerjakan oleh treasury management untuk mengimplementasikan fungsi tersebut. Adapun beberapa tugas dari treasury management adalah, sebagai berikut:

Mengelola Modal Kerja

Modal adalah hal dasar yang sangat penting untuk memulai bisnis maupun dalam menjalankan suatu usaha dan bisnis itu sendiri, karena modal kerja adalah kunci untuk memperkirakan kas dalam setiap perusahaan. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan modal kerja yang baik, agar modal kerja tersebut dapat terlihat dengan jelas porsinya untuk digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan perusahaan. Intinya adalah dalam mengelola modal kerja, agar dapat dikelola sebaik mungkin supaya usaha tersebut semakin berkembang.

Mengelola Kas

Setelah sebelumnya mengelola modal, aktivitas kedua yang dikerjakan oleh treasury adalah mengelola kas. Tujuan utama dalam mengelola kas ini adalah untuk memastikan bahwa dana yang dimiliki oleh perusahaan dapat mencukupi dan memenuhi seluruh kegiatan dan biaya operasional sebuah perusahaan. Dalam pengelolaan kas bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menggabungkan informasi dari perkiraan kas dan pengelolaan kerja yang telah dibuat.

Mengelola Investasi

Aktivitas selanjutnya adalah mengelola investasi. Tidak semua perusahaan bisa investasi. Lantas kapan waktu yang tepat untuk investasi? Pada saat perusahaan kelebihan dana pada kasnya adalah waktu yang tepat bagi treasury management untuk menginvestasikan kelebihan dana tersebut supaya bermanfaat bagi perusahaan dan dana yang diinvestasikan harus benar dan tepat sasaran. Selain itu, dalam mengelola investasi tersebut pun harus memperhatikan tiga faktor berikut ini, seperti tingkat return yang didapat dari dana investasi maksimal, tanggal jatuh tempo dan kebutuhan kas perusahaan harus disesuaikan, dan yang terakhir dilarang untuk menginvestasikan dana pada instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi, seperti saham yang memiliki laporan keuangan kurang baik dan forex.

Penggalangan Dana

Maksud penggalangan dana adalah dana yang digalang dari broker maupun bankir investasi, hingga para investor yang menanamkan modalnya dengan tujuan untuk pengelolaan kas yang sehat dan investasi agar kegiatan operasional perusahaan tetap berjalan. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan manajemen pengelolaan dana yang dimiliki dengan baik.

3. Divisi Treasury dan IPC

Setelah kita membahas fungsi dan aktivitas yang dilakukan oleh treasury management, terakhir kita akan membahas hubungan antara divisi ini dengan IPC. IPC adalah sebuah perangkat komunikasi yang memiliki kemampuan khusus untuk membantu komunikasi para trader pada saat trading. Setelah disinggung sedikit diatas bahwa tugas bagi treasury management adalah untuk menginvestasikan kelebihan dana yang ada pada kas perusahaan, maka disinilah peran IPC muncul, untuk memudahkan para trader yang ada di dalam treasury management pada saat transaksi sedang berlangsung.

 

Mungkin ada situasi dimana dana investasi yang diinvestasikan sudah mencapai target yang ditentukan, maka dengan IPC ini akan sangat membantu dan memudahkan para trader dalam hal komunikasi, agar target tersebut dapat segera direalisasikan secepat mungkin.

 

Itulah pembahasan di artikel ini yang membahas tentang treasury dan kaitannya dengan perangkat IPC. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan kamu tentang treasury management, ya!