loader
Mengenal Lebih Dekat, Apa Itu IPC Remote Devices

Di zaman pandemi seperti sekarang ini, work from home atau bekerja dari rumah menjadi gaya baru bagi para karyawan untuk mengerjakan pekerjaan mereka di rumah masing-masing. Gaya baru ini muncul karena musibah pandemi yang melanda di seluruh dunia. Dan hal ini, menjadikan secara tidak langsung memaksa perusahaan-perusahaan untuk mengurangi aktivitas pekerjaan mereka secara langsung yang dilakukan di kantor, demi mentaati peraturan dan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus. Hal ini tentu positif untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para karyawan dan keluarganya. Meskipun mungkin di awal-awal diterapkannya kebijakan work from home ini pasti membuat para karyawan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaannya dari rumah.

 

Tetapi, apabila pandemi ini sudah usai dan penyebaran vaksin juga sudah merata di Indonesia, apakah work from home ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus diterapkan oleh perusahaan terhadap para karyawannya? Tentu, ada hal positif lain dari work from home ini, yaitu dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan terhadap para karyawan. Kejadian bencana alam, kebakaran, dan kejadian tidak terduga lainnya adalah hal-hal yang pasti tidak diharapkan dan tidak bisa diprediksi juga. Untuk itu, work from home ini menjadi solusi untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa dialami oleh para karyawan.

 

Apabila risiko kecelakaan yang dialami oleh karyawan bisa diminimalisir, bagaimana dengan berkas, data, dan laporan penting lainnya yang terdapat di database perusahaan yang ada di kantor jika terjadi musibah yang tidak diinginkan? Database menjadi satu hal yang penting bagi setiap perusahaan. Karena itu, untuk meminimalisir kerusakan pada database perusahaan apabila terjadi keadaan darurat yang tidak diinginkan, dampak negatif yang terjadi bisa diminimalisir dengan IPC remote devices atau biasa dikenal dengan sistem BCP (Business Continuity Plan). Apa itu IPC? Dan apa itu IPC remote devices?

IPC Remote Devices

Sebelum mengenal IPC Remote Devices, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu IPC. IPC adalah sebuah teknologi komunikasi antar proses yang memberikan pelayanan terhadap klien, seperti membantu klien dalam mengantisipasi perubahan dan membantu dalam pemecahan masalah, menetapkan standar keahlian industri, dan klien akan mendapatkan pelayanan teknologi komprehensif yang luar biasa.

 

Sedangkan, IPC remote devices sendiri merupakan pelayanan ataupun solusi yang diberikan IPC untuk membantu dealer maupun para trader agar dapat tetap melakukan aktivitas secara remote namun tetap terekam pada trading recording system. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada sub selanjutnya.

 

Pengertian IPC Remote Devices

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa IPC adalah teknologi komunikasi yang memberikan pelayanan terhadap klien, maka remote devices sendiri adalah sebuah mesin ataupun perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan sinyal elektronik. Jika digabungkan, maka IPC remote devices merupakan layanan teknologi komunikasi antar proses dengan menggunakan suatu perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh. Dengan kemampuan IPC remote devices, apabila dalam keadaan darurat, memungkinkan konsumen untuk memindahkan data, berkas, trader dan staf pendukung lainnya ke lokasi alternatif atau ke DRC (Disaster Recovery Site), dan juga menjaga data maupun berkas rekanan mereka secara detail agar tetap utuh.

 

IPC akan menduplikasi atau mereplikasi konfigurasi menara dan perangkat khusus mereka dari lokasi manapun yang berada di luar perusahaan ke lokasi recovery site yang sudah di konfigurasi dan sudah ditetapkan oleh perusahaan melalui Business Continuity Plan IPC. Dengan menggunakan menara dan perangkat yang sesuai standar, pengguna dapat mengakses semua sumber daya mereka melalui koneksi VPN yang disediakan konsumen tanpa perlu memberitahu bahwa program di ulang atau singkatnya di reset. Selain itu, berdasarkan peraturan BI, disaster recovery site ini bersifat mandatory (wajib) bagi bank-bank devisa. DRC wajib bagi bank devisa untuk melindungi privasi data para nasabahnya.

Kegunaan IPC Remote Devices

IPC remote devices memanfaatkan fleksibilitas platform Unigy untuk membantu trader dan staf pendukungnya agar bisa menjaga kelangsungan bisnis mereka meskipun lokasi utama mereka tidak dapat diakses. Apabila dan selama dalam situasi darurat, konsumen bisa tetap percaya bahwa trader dan staf pendukungnya dapat tetap bekerja dengan kemungkinan dampak negatif yang kecil. Dengan kemampuan full voice recording, perusahaan sekarang dapat yakin fungsi yang digunakan pengguna jarak jauh tetap sesuai karena tidak ada fitur dan fungsi apapun yang dikorbankan.

 

Selain IPC remote devices yang dapat digunakan selama situasi darurat, perangkat ini juga dapat digunakan meskipun tidak dalam situasi darurat. Fungsi utama dari perangkat ini adalah agar konsumen ataupun klien dapat siap ketika menghadapi situasi yang tidak terduga.

Manfaat IPC Remote Devices

Setelah kita membahas pengertian dan kegunaan dari IPC remote devices, yang terakhir di artikel ini kita akan membahas manfaat dari perangkat ini. Perangkat ini mempunyai fitur yang lengkap dan disesuaikan dari lokasi manapun, dengan akses yang aman ke jaringan perusahaan. Adapun manfaat-manfaat yang ditawarkan melalui perangkat ini adalah, sebagai berikut: 

  • Solusi BCP (Business Continuity Planning) memiliki risiko rendah dan selalu siap digunakan.

  • Memiliki akses ke semua kabel pribadi, saluran pengeras suara, nada sambung, dan saluran interkom.

  • Memiliki akses ke direktori dan riwayat panggilan.

  • Mendukung semua perangkat, seperti I/Q Max, I/Q Max Touch, I/Q Max Edge, dan Pulse.

  • Fungsi dan fitur tetap sesuai dimanapun lokasinya.

  • Kemampuan full voice recording saat jarak jauh.

 

Itulah beberapa manfaat yang ditawarkan dari IPC remote devices ini. Pengguna akan mendapatkan manfaat yang maksimal dengan menggunakan perangkat yang sudah dikenal, dengan begitu pengguna tidak perlu mempelajari cara lain untuk berkomunikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

Itulah beberapa penjelasan diatas mengenai IPC remote devices yang membahas pengertian, kegunaan, dan manfaat yang akan diterima dengan memakai perangkat ini. Terakhir, fungsi perangkat ini cukup penting untuk dimiliki agar klien maupun trader dapat siap jika terjadi situasi darurat yang tidak diinginkan.