loader
Persiapkan 3 Hal ini Sebelum Membangun Bisnis Trading

Dunia trading merupakan dunia yang dipenuhi dengan persiapan, perencanaan, pencarian juga penyerapan informasi, dan ditambah dengan sedikit intuisi. Sejak hadirnya wabah Coronavirus Disease 19 (COVID 19) khususnya di Indonesia pada tahun 2020, dunia trading yang penuh dengan spekulasi pun menjadi terlihat begitu seksi di tengah ketidakpastian yang berlangsung hingga saat ini. Mengapa tidak? Banyak perubahan yang telah bahkan masih terjadi, banyak instansi juga pihak yang terdampak dan terpaksa untuk menghentikan aktivitasnya yang membuat dunia trading memiliki potensi yang terlihat begitu berkilau di mata mereka, walau belum tentu dapat digenggam.

 

Apakah Anda ingin melakukan shifting dan memulai bisnis trading Anda sendiri? Jika iya, maka artikel ini akan membantu Anda untuk memberi gambaran seputar hal yang perlu dipersiapkan untuk trading business yang akan Anda bangun serta tools trading system atau alat trading yang dapat membantu kinerja Anda, perusahaan Anda, maupun para trader yang menjadi bagian dari bisnis yang Anda bangun.

Hal yang Dipersiapkan Untuk Trading Business

Ketika Anda telah yakin untuk membangun bisnis trading, yang dipenuhi dengan aktivitas trading secara berkala setiap harinya, Anda perlu mempersenjatai para trader yang bekerja untuk Anda berbagai perangkat yang dapat menunjang kegiatan mereka secara efektif dan efisien. Pastinya Anda maupun setiap trader yang bekerja untuk Anda sudah tidak asing dengan beberapa alat yang akan digunakan nantinya yang mana aktivitas trading di zaman ini sangatlah bergantung dengan alat trading yang canggih yang membuat trader dapat memanfaatkan jaringan internet untuk mengakses pasar uang, pasar saham, foreign exchange, komoditas, dan lainnya. Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah akses langsung untuk dapat menghubungi broker. Hal yang perlu dipersiapkan untuk trading bagi perusahaan Anda di antaranya sebagai berikut.

1. Trading Floor

Trading floor atau lantai bursa merupakan ruang terjadinya transaksi atau jual beli efek yang diperdagangkan. Di dalam lantai bursa, terdapat floor trader yang saat ini menggunakan perangkat elektronik untuk melakukan aktivitas perdagangan yang mana para floor trader berperan vital dalam pasar saham juga pasar komoditas dengan mempertaruhkan modal mereka untuk perdagangan futures, saham, maupun opsi sehingga mereka dapat menyediakan likuiditas.

2. Trader Expert

Membangun sebuah bisnis adalah membangun sebuah ekosistem yang saling terhubung, jika hanya Anda seorang diri yang menjadi trader maka secara harfiah tidak dapat dikatakan bahwa Anda melakukan bisnis trading. Anda memerlukan trader agar dapat membantu aktivitas bisnis Anda, baik trader awam maupun trader berpengalaman. Jika Anda tidak memiliki keraguan atas modal yang Anda miliki atau mampu mengelola sistem dengan baik, alangkah baiknya Anda memiliki para trader expert yang ikut andil di perusahaan Anda.

3. Alat Trading dan Tools Penunjang

Seperti yang telah disampaikan bahwa Anda perlu memfasilitasi para trader dengan alat trading atau tools yang dapat menunjang produktivitas mereka sehingga dapat meraih hasil yang lebih optimal, di antaranya adalah:

Personal Computer atau Laptop

Kinerja trader ditentukan juga oleh tools yang dipakainya. Seperti yang Anda pahami bahwa trading adalah bisnis yang bergerak begitu cepat dan setiap detik yang berlalu pun mempengaruhi potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Tak heran bahwa Anda perlu berinvestasi pada teknologi dengan kapabilitas yang baik untuk menunjang berbagai perangkat lunak tambahan yang digunakan oleh para trader.

Informasi serta Data Penunjang

Seperti yang telah Anda pahami bahwa data maupun informasi adalah segalanya, hal ini juga berlaku dalam bisnis trading. Para trader perlu didukung dengan informasi seputar pergerakan keuangan serta informasi bisnis dari aset yang diperdagangkan secara akurat dan tepat waktu. Jika Anda memberi kemudahan serta pengalaman trading yang mumpuni untuk para trader Anda, maka trader Anda pun dapat bekerja lebih maksimal dalam melakukan aktivitas hariannya.

Perangkat Lunak (software)

Umumnya, para broker memfasilitasi berbagai pilihan software yang dapat dimanfaatkan oleh tradernya untuk menjalankan aktivitas trading yang disertai dengan tools untuk memantau grafik (seperti Bloomberg, Reuters dll.). Hal tersebut dapat membantu para trader dalam mengambil langkah secara efektif dan efisien sehingga tidak ada langkah yang percuma. Tak hanya itu saja, dengan menyediakan perangkat lunak yang baik bagi trader Anda artinya pun akan berdampak terhadap efisiensi serta optimasi biaya yang Anda investasikan untuk bisnis trading Anda.

Telepon

Terakhir dan merupakan hal yang amat penting merupakan telepon, atau trading system yaitu berupa tools trading communication system. Memang, Anda dapat menginstruksikan para trader untuk menghubungi broker melalui email maupun ponsel, namun sayangnya hal tersebut sangat tradisional dan akan membuat banyak waktu yang terbuang. Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki trading system milik IPC, yaitu IPC trading turret. 

 

IPC trading turret merupakan alat yang dapat digunakan bagi trader Anda untuk menjalankan aktivitas jual beli obligasi, foreign exchange (forex), maupun jual beli saham. Trading turret pun dikemas dalam dua bentuk, yaitu hard turret juga soft turret yang mana untuk soft turret berupa software yang dapat diinstal oleh trader Anda dengan mudah tanpa kehilangan fitur-fitur mumpuni yang tersedia di hard turretnya.

 

Kini, IPC trading turret telah tersedia dan dapat segera Anda raih dalam genggaman melalui PT Multi Surya Tunggal (MST) yang merupakan cabang dari IPC di Indonesia. Jangan khawatir dengan proses instalasi juga maintenance dalam jangka panjang karena MST akan selalu memberikan pelayanan serta pengalaman terbaik bagi trader Anda, maupun Anda selaku pemilik perusahaan.