loader
Tugas Seorang Financial Trader yang Perlu Kamu Ketahui

Perkembangan teknologi dunia digital yang terjadi saat ini, tanpa disadari berdampak positif terhadap kehidupan kita. Dampak positif yang seringkali kita rasakan adalah mulai dari kemudahan dalam memesan suatu transportasi online, memesan tiket perjalanan jarak jauh serta hotel hanya dengan melalui smartphone, bertemu dengan sanak saudara jauh bisa melalui video conference, dan masih banyak lagi kemudahan-kemudahan lainnya yang disebabkan karena perkembangan teknologi dunia digital. Tidak hanya itu saja, jika kita ada kemauan untuk terus belajar akan suatu hal, teknologi yang semakin terus berkembang seperti sekarang ini bisa memberikan kemudahan dan membuka peluang untuk kita, peluang untuk menghasilkan income hanya dengan mengandalkan teknologi dan internet.

 

Trading merupakan salah satu peluang yang muncul dan belakangan ini sedang menjadi populer karena perkembangan teknologi dunia digital yang terjadi. Trading kini menjadi populer karena kemudahannya siapapun bisa menghasilkan income dimanapun dan kapanpun hanya dengan melalui smartphone, iya smartphone. Dunia trading merupakan satu hal yang ikut mengalami perkembangan teknologi. Jika mungkin di zaman orang tua kita dulu hanya orang tertentu saja yang bisa melakukan aktivitas trading, dikarenakan tidak semua orang bisa mengakses pasar keuangan, tetapi di zaman sekarang ini siapapun bisa mengakses pasar keuangan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone yang dimilikinya. Trading sendiri adalah suatu aktivitas jual beli suatu aset digital yang dilakukan dalam jangka waktu pendek guna mendapatkan keuntungan yang cepat.

 

Seseorang yang rutin melakukan aktivitas trading di dalam pasar keuangan guna untuk menghasilkan income biasa dikenal dengan sebutan trader. Seorang trader yang menjadikan trading sebagai sumber penghasilan utamanya dan seseorang tersebut juga bisa bekerja untuk dirinya sendiri ataupun bekerja untuk suatu perusahaan yang membutuhkan jasanya, maka seseorang tersebut adalah trader profesional. Perusahaan yang membutuhkan jasa trader profesional umumnya bergerak di sektor keuangan, dan bank adalah salah satu lembaga keuangan yang biasanya membutuhkan jasa trader profesional. 

 

Di dalam setiap perusahaan maupun lembaga keuangan, ada satu divisi yang dinamakan sebagai divisi treasury. Divisi treasury adalah divisi yang ditempati oleh sekelompok orang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga likuiditas perusahaan. Nah seorang trader yang bekerja untuk suatu perusahaan, biasanya ditempatkan pada divisi treasury ini. Perusahaan yang mempekerjakan trader profesional pun biasanya telah menyediakan peralatan yang dibutuhkan trader untuk mendukung aktivitas tradingnya, salah satunya adalah perangkat trading turrets. Kemudian, apa sih trading turrets itu? Dan apa tugas dari seorang financial trader?

Trading Turrets

Seorang trader profesional dalam melakukan kegiatan tradingnya, biasanya telah mengetahui batasan-batasan yang harus diterapkan. Hal ini penting agar trading dapat berjalan dengan baik dan terkendali. Batasan-batasan yang dibuat dalam trading ini dikenal dengan istilah trading system. Trading system adalah aturan yang sudah dibuat oleh seorang trader untuk kemudian dijadikan acuan ketika sedang melakukan kegiatan trading. Perangkat trading turrets pun termasuk ke dalam bagian trading system. Kenapa? Karena trading turrets termasuk salah satu peralatan trading yang dapat menunjang kinerja trader dari segi komunikasi. Trading turrets adalah sebuah perangkat komunikasi yang memiliki kemampuan khusus dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan trader yang menuntut pada saat melakukan transaksi trading.

 

Trading turrets memiliki peran penting bagi trader ketika sedang melakukan transaksi trading. Dengan menggunakan trading turrets, suatu instrumen trading yang sudah mencapai target keuntungan yang sudah ditentukan sebelumnya, dapat direalisasikan dengan cepat. Begitupun sebaliknya, jika harga dari suatu instrumen trading turun dan mencapai batas toleransi kerugian, seorang trader dapat dengan cepat menjual instrumen trading tersebut untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Karena itu, perusahaan yang menggunakan jasa trader profesional, sangat disarankan untuk menyediakan perangkat trading turrets, agar kinerja trader dapat maksimal.

 

Setelah kita membahas peran trading turrets bagi terhadap kinerja trader, ada baiknya kita juga perlu mengetahui tugas-tugas dari seorang trader itu apa aja sih? Terlebih jika trader tersebut bekerja untuk suatu perusahaan.

Tugas Trader

Seorang trader yang bekerja untuk suatu perusahaan, secara garis besar memiliki tanggung jawab untuk mengelola aset investasi perusahaan bersangkutan. Selain itu, trader juga perlu untuk mengevaluasi kinerja dirinya sendiri, apakah strategi ataupun trading system yang diterapkan sebelumnya berjalan dengan baik atau tidak. Untuk menjadi seorang trader profesional tidaklah mudah, diperlukan pengalaman yang banyak serta belajar mengenai setiap instrumen pasar keuangan. Dan jika kamu ingin menjadi seorang trader yang bekerja untuk suatu perusahaan, kurang lebih inilah tugas dari seorang financial trader.

 

1. Menyusun laporan terkait informasi dan data pasar.

2. Sebagai penghubung antara staf penjualan dan broker.

3. Melakukan riset mengenai sentimen pasar yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar.

4. Menginformasikan mengenai pergerakan pasar kepada staf penjualan.

5. Melakukan trading.

 

Kurang lebih itulah 5 tugas yang biasa dikerjakan oleh seorang financial trader.

Soft Turret

Soft turret merupakan salah satu jenis dari trading turret. Untuk memberikan kemudahan bagi setiap trader, IPC menyediakan 2 jenis trading turret, yaitu sesuai dengan sub judul adalah soft turret, dan jenis lainnya adalah hard turret.

1. Hard Turret

Hard turret adalah jenis trading turret yang memiliki bentuk fisik seperti pesawat telepon. IQ/MAX Touch merupakan jenis hard turret yang disediakan oleh IPC, memiliki monitor layar sentuh serta didukung oleh platform Unigy IPC.

2. Soft Turret

Soft turret adalah jenis trading turret yang tidak memiliki bentuk fisik. Soft turret adalah solusi yang diberikan oleh IPC bagi setiap trader yang memiliki kesibukan lain dan harus mobile dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Trader dapat menginstal aplikasi soft turret di smartphone ataupun laptop mereka, sehingga mereka dapat melakukan aktivitas trading dimanapun dan kapanpun.

 

Jadi, itulah sedikit pembahasan mengenai trading turrets dan juga tugas dari seorang financial trader. Semoga artikel ini dapat menambah minat kamu untuk belajar trading, ya!